GINTING, FITRI HARWINA SUCI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SEMESTER II PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI SMA NEGERI 18 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121018 Cover.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM 4143121018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
3. NIM 4143121018 Riwayat Hidup.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
4. NIM 4143121018 Abstrak.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM 4143121018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
6. NIM 4143121018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
7. NIM 4143121018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
8. NIM 4143121018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
9. NIM 4143121018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
10. NIM 4143121018 BAB I.pdf - Published Version
Download (527kB) | Preview
14. NIM 4143121018 BAB V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
15. NIM 4143121018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian penerapan model pembelajaran PBL pada siswa kelas XI yang bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model PBL. (2) Mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model konvesional. (3) Mengetahui aktivitas belajar siswa siswa yang diajarkan dengan model PBL. (4) Mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI semester II SMA Negeri 18 Medan yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, dengan mengambil dua kelas dengan jumlah sampel masing-masing 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes esai berjumlah 10 item yang telah divalidkan dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Analisa data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas dan t.
Hasil yang diperoleh (1) Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PBL melewati nilai KKM (91%). (2) Hasil belajar yang diajarkan dengan model konvensional tidak melewati nilai KKM. (3) Aktivitas belajar siswa dari pertemuan I sampai Peretmuan III mengalami peningkatan. (4) Hasil perhitungan uji t menunjukkan ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 129 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Problem Based Learning (Pbl) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 13:47 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34487 |