Agita, Apriani (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP AMANAH KWALA BEGUMIT T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133311006 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM. 4133311006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (5MB) | Preview
3. NIM. 4133311006 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
4. NIM. 4133311006 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 4133311006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 4133311006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
7. NIM. 4133311006 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM. 4133311006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
10. NIM. 4133311006 BAB I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM. 4133311006 BAB V.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
15. NIM. 4133311006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada pembelajaran Konvensional di kelas VIII SMP Amanah Kwala Begumit Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-postest Control Group Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Pembelajaran Konvensional, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Amanah Kwala Begumit tahun ajaran 2017/1018 yang terdiri dari 8 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B (kelas eksperimen I) sebanyak 31 orang dan siswa kelas VIII-C (kelas eksperimen II) sebanyak 31 orang. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes dan lembar observasi. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil pretes kedua sampel berdistribusi normal dan homogenitas, hasil analisis data pretest-postest dengan menggunakan uji-t pada taraf = 0.05 diperoleh t hitung t tabel yaitu 1,955 1,677 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada pembelajaran Konvensional di kelas VIII SMP Amanah Kwala Begumit Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 142 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, proses jawaban siswa, pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34468 |