SIMARMATA, YUNI PRATICIA (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNIG (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 4143321046 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
02. 4143321046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
03. 4143321046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
04. 4143321046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
05. 4143321046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
06. 4143321046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
07. 4143321046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
08. 4143321046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
09. 4143321046 BAB 1.PDF - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. 4143321046 BAB V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
14. 4143321046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam yang terdiri dari 6 kelas dengan X-MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model PBL dan kelas X- MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata pretes kelas eksperimen 22,60 dan pada kelas kontrol sebesar 21,42. Dari uji normalitas dan uji homogenitas data pretes untuk kedua kelas sampel disimpulkan bahwa kedua kelas sampel normal dan homogen, menandakan bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah diberi perlakuan yang berbeda nilai rata-rata postes yang diperoleh untuk kelas eksperimen 66,90 dan nilai rata–rata postes untuk kelas kontrol 43,30. Melalui pengujian statistik dengan thitung > ttabel maka disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X SMA Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 139 |
Keywords: | Keterampilan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Momentum Dan Impuls |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:38 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34445 |