ANGELLINA LUMBAN GAOL, AGUSTIN RUTH MARADE (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 19 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143341001 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 4143341001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
3. NIM. 4143341001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
4. NIM. 4143341001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 4143341001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM. 4143341001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4143341001 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4143341001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 4143341001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM. 4143341001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM. 4143341001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sistem ekskresi di kelas XI MIA SMA N 19 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan tes sebagai alat untuk mendapatkan data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA N 19 Medan T.P 2017/2018 yang terdiri dari 37 orang siswa dan 39 orang siswa dengan jumlah siswa 76 orang siswa, dimana kelas XI MIA 1 dijadikan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Kelas XI MIA 2 dijadikan kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar dengan model pembelajaran Discovery Learning 90,94 ± 5,976 ( ± SD) signfikan lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning 88,47 ± 4,998 ( ± SD) hasil uji hipotesis untuk posttes menggunakan uji t pada tarah signifikan α=0,05 diperoleh thitung > ttabel (1,94 > 1,674). Disimpulkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada materi sistem ekskresi di Kelas XI MIA SMA N 19 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 181 |
Keywords: | Hasil Belajar, Problem Based Learning , Discovery Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 11:20 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34420 |