Karo-karo, Jamal Thahir (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3141121019 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 3141121019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (616kB) | Preview
3. NIM. 3141121019 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 3141121019 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 3141121019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 3141121019 TABLES.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 3141121019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3141121019 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 3141121019 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
13. NIM. 3141121019 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 3141121019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia antara perang dan damai terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Medan, Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis sejarah. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kritis sejarah siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kemampuan berpikir kritis sejarah siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), memperoleh Nilai Rata-Rata 61. Sedangkan untuk kelas kontrol memperoleh nilai Rata-Rata 52,40. Setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan uji t maka diperoleh t_hitung = 1,97 dan t_tabel = 1,676, karena t_hitung>t_tabel maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis sejarah siswa yang pembelajarannya menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran sejarah pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia antara perang dan damai dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) berpengaruh secara signifikan terhadap Kemampuan menganalisis peristiwa sejarah, mengevaluasi dan mencipta. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis sejarah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 SJRH 055 |
Keywords: | model pembelajaran berbasis masalah (PBM), Kemampuan berpikir kritis sejarah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34372 |