SYAHPUTRA, HENDRA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TKR SMK AL-WASHLIYAH 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133121018 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 5133121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
3. NIM. 5133121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 5133121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 5133121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 5133121018 TABLES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7. NIM. 5133121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 5133121018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 5133121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. NIM. 5133121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5133121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Siswa kurang bergairah dan jenuh ketika mengikuti pelajaran. Kejenuhan itu tentu berdampak buruk terhadap hasil belajar. Hasil belajar yang di peroleh sisiwa pada mata pelajaran menggambar teknik cendrung rendah, meskipun ada beberapa siswa yang hasil belajarnya telah mencapai Krieria Ketuntasan Minimum (KKM). Siswa juga cendrung merasa bosan dan jenuh saat proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajarMenggambar Teknik siswa kelas X TKR SMK AL-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran.2017 / 2018. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam bidang keterampilan sosial. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Yaitu Pretest - Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK AL-Washliyah 4 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling kelas dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X TKR2 sebagai Kelas Eksperimen dan X TKR 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah pertanyaan 25 soal. Kelas Eksperimen diberikan perlakuan dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kelas Kontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional.Hasil post test setelah diberikan perlakuan berbeda, yaitu rata-rata kelas Eksperimen nilai postest 80,8 dengan standar deviasi 8,827 dan nilai rata-rata kelas Kontrol 70,05 dengan standar deviasi 6,889. Dalam tes data postest kedua kelas diperoleh bahwa data dari kedua kelas adalah normal dan homogen terdistribusi. Hasil uji t dari posttest diperoleh bahwa thitung> ttabel (5,690> 1,6814), sehingga Ha diterima bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi daripada Pembelajaran Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X SMK AL-Washliyah 4 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 052 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, BERBASIS MASALAH, HASIL BELAJAR, GAMBAR TEKNIK |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:22 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34299 |