SEMBIRING, DESI WAHYUNI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143111013_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1143111013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM. 1143111013_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1143111013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 1143111013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
6. NIM. 1143111013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143111013_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1143111013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
9. NIM. 1143111013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
10. NIM. 1143111013_BAB I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
14. NIM. 1143111013_BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
15. NIM. 1143111013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Matematika dengan materi hubungan antarsatuan dengan menggunakan model Take and Give di kelas V SD Negeri 101797 Deli Tua . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VC SD Negeri 101797 Deli Tua yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan model pembelajaran Take and Give. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian tes dan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian adalah sebagai berikut: nilai rata-rata dari 24 orang siswa hasil belajar pada pre test adalah 47,91 yaitu sebanyak 2 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 8 % dan yang tidak tuntas sebanyak 22 orang siswa dengan persentase 92 %. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 59,16 yaitu sebanyak 8 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase ketuntasan 33 % dan yang tidak tuntas sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 67 %. Dari data post test yang telah dilakukan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 82,91 yaitu sebanyak 21 orang siswa yang tuntas belajar dengan persentase 87,5% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa dengan persentase 12,5%. Maka dari itu, hasil pre test sampai dengan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 54 %. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Negeri 101797 Deli Tua Tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 435 |
Keywords: | hasil belajar matematika, model pembelajaran take and give |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:10 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34276 |