SELIAN, HUSNIDA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENIUS LEARNING DENGAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI BM SMK SWASTA AL-WASHLIYAH PASAR SENEN 1 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142142002 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7142142002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
3. NIM. 7142142002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4. NIM. 7142142002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 7142142002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 7142142002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 7142142002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 7142142002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7142142002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
13. NIM. 7142142002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
14. NIM. 7142142002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI BM SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Strategi Genius Learning dan Metode Brainstorming di kelas XI BM SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan jalan Pasar Senen No.7, Kampung Baru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BM yang berjumlah 20 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Genius Learning dan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan, pada siklus I terdapat 48,3% menjadi 66,9% pada siklus II yang termasuk dalam kriteria kemampuan berpikir kritis adalah Kritis. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum penerapan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa (40%), sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (65%) dengan rata-rata nilai 71. Meningkat pada siklus II sebanyak 18 siswa (90%) dengan rata-rata nilai 90 atau mengalami peningkatan sebesar 25%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Genius Learning dan Metode Branistorming dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di kelas XI BM SMK Swasta Al-Washliyah Pasar Senen 1 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 061 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Strategi Genius Learning Dan Metode Brainstorming |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 10:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34271 |