SIMBOLON, PETRUS (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123311023 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 5123311023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 5123311023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 5123311023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 5123311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM. 5123311023 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 5123311023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 5123311023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 5123311023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 5123311023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 5123311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menemukan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Menggambar Teknik Dasar pada kelas XB Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi.
Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa X SMK Negeri 1 Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 28 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Menggambar Teknik Dasar.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretes siswa 65, lalu pada pelaksanaan postes meningkat menjadi 75. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai pretes rata-rata 77 dan pada postes meningkat menjadi rata-rata 86. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 70,54 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Tipe Jigsaw dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Menggambar Teknik Dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BAN 036 |
Keywords: | Model pembelajaran tipe jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:50 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34212 |