SEMBIRING, ELISABETH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK PAB 2 HELVETIA TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143142012 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7143142012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 7143142012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4. NIM. 7143142012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 7143142012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
6. NIM. 7143142012 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7143142012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7143142012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
12. NIM. 7143142012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 7143142012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XII AK SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang terletak di Jl. Veteran Pasar IV Helvetia pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AK SMK PAB 2 Helvetia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara acak (Simple Random Sampling), berdasarkan teknik undian dari kelas XII AK 1 sebagai kelas eksperimen dan XII AK 2 sebagai kelas kontrol. Kemudian berdasarkan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan uji perbedaan dua rata – rata.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata – rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 56,46 dan 83,96. Sedangkan nilai rata – rata pre-test dan post-test kelas kontrol adalah 59,38 dan 73,33. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,72 > ttabel =1.677 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi, pada materi pembelajaran penyusutan aset tetap, yang diajar dengan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XII AK SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 065 |
Keywords: | MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS), METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:46 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34204 |