SIMARGOLANG, RIZKI RAHMADHANI (2019) UPAYA MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR LEMBING MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2018-2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 6141111077 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 6141111077 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
3.NIM 6141111077 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM 6141111077 PREFACE.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
5. NIM 6141111077 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM 6141111077 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 6141111077 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM 6141111077 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 6141111077 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
13. NIM 6141111077 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM 6141111077 BIBLOGRAFHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar lembing melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat pada siswa kelas XI TKBB SMK Negeri 2 Binjai s. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian sebanyak 31 orang.. Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Negeri Binjai Tahun Ajaran 2018-2019. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa pelaksanaan pembelajaran melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Dilihat dari data awal lempar lembing hanya 11 orang siswa yang tuntas (35.48%) dan 20 orang siswa yang belum tuntas (64,51%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 14 orang (45,16%) dan siswa yang belum tuntas 17 orang (54,83%) belum tuntas secara klasikal. Peresentase ketuntasan dari siklus I dan II adalah 14 (45,16%) Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 28 orang (90,32%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (9,68%). Nilai rata rata hasil belajar siswa pada data awal adalah (35,48) (tuntas), pada test siklus 1nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi (45,16)(tuntas), pada pelaksanaan test siklus II presentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai (90,32). Peresentase ketunsasan belajar siswa pada data awal adalah 35,48 %pada test siklus I meningkat menjadi 45,16 pada siklus II presetasi ketuntasan belajar siswa telah mencapai 90.32%. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test awal hingga test siklus 11dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari test siklus 45.16% dan peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklusI adalah 90,32%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran melalui variasi pembelajaran dan modifikasi alat dapat meningkatkan hasil belajar lempar lembing pada siswa kelas XI SMK 2 Negeri Binjai Tahun Ajaran 2018-2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PJKR 043 |
Keywords: | Modifikasi Alat , Lempar Lembing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV401 Physical education facilities. Sports facilities G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:41 |
Last Modified: | 06 May 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34197 |