JAYATI, ANNISA AYU (2018) KOMODIFIKASI SONGKET MELAYU BATUBARA MELALUI HOME INDUSTRY. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3141122004 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 3141122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM 3141122004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM 3141122004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
5. NIM 3141122004 TBLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. NIM 3141122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
6. NIM 3141122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM 3141122004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
11. NIM 3141122004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
12. NIM 3141122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
Abstract
Komodifikasi merupakan proses menjadikan sesuatu yang sebelumnya bukan komoditas sehingga kini menjadi komoditas. Songket Melayu Batubara adalah hasil karya seni tradisional orang Melayu yang memiliki nilai jual. Saat ini songket Melayu Batubara sudah merambah ke wilayah Nusantara bahkan sampai ke mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang: (1) Bentuk dan ragam hias songket Melayu Batubara. (2) Proses terjadinya komodifikasi pada home industry Songket Melayu Batubara. (3) Corak yang menjadi favorit konsumen dan memiliki nilai jual serta menjadi penanda status pemakainya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu pemilik home industry, penenun dan tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi oleh peneliti.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Konsumtif Baudrillard tentang masyarakat konsumeris yang mengkonsumsi produk sebagai nilai tanda atas produk yang dikonsumsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk dan ragam hias Songket Melayu Batubara yang saat ini semakin berkembang seperti peci, tas, dompet, begitu juga dengan ragam hias yang baru diciptakan penenun sesuai permintaan konsumen karena permintaan pasar yang meningkat (2) Proses komodifikasi pada home industry Songket Melayu Batubara merupakan proses pemasaran dilakukan baik secara langsung maupun melalui perantara (3) Corak yang menjadi favorit konsumen dan memiliki nilai jual serta menjadi penanda status pemakainya, konsumen memilih songket dengan motif yang sederhana namun terlihat mewah. Songket Melayu Batubara dijual dengan harga yang bervariasi. Harga songket juga mempengaruhi status pemakainya, semakin tinggi harga songket yang digunakan konsumen dapat menunjukkan statusnya dalam masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ANTRO 054 |
Keywords: | Komodifikasi, Songket, Home Industry |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 15:39 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34193 |