SULAIMAN, RAHMAD (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6141111067 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 6141111067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
3. NIM. 6141111067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4. NIM. 6141111067 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 6141111067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 6141111067 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 6141111067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 6141111067 APENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 6141111067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
13. NIM. 6141111067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM. 6141111067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan bermain pada siswa kelas IV SD Swasta Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2017/2018. waktu penelitian dilaksanakan
pada bulan April 2018 dengan jumlah siswa 24 orang, terdiri dari 12 Putra dan 12 Putri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah melalui observasi kegiatan mengajar guru, siswa
serta test hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan pendekatan bermain berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa
kelas IV SD Swasta Amir Hamzah Medan tahun ajaran 2017/2018. Dilihat dari data awal lompat jauh gaya jongkok siswa, hanya 7 orang siwa yang tuntas (29,17%) dan 17 orang siswa yang belum tuntas (70,87%). Setelah dilakukan tindakan siklus I maka siswa yang tuntas 15 orang (62,25%) dan siswa yang
belum tuntas 9 orang (37,5%) belum tuntas secara klasikal. Selanjutnya di siklus II siswa yang tuntas 21 orang (87,5%) dan siswa yang belum tuntas 3 orang (12,5%). Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada data awal adalah 61,45 (tidak
tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,32 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata hasil belajar
siswa telah mencapai 81,18 (tuntas). Persentase ketuntasan klasikal pada data awal adalah 29,16%, pada test siklus I meningkat menjadi 62,5% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai 87,5%. Peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 9,88, sedangkan peningkatan secara klasikal adalah 25%. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui pendekatan bermain dapat memberikan peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SD Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran
2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PJKR 086 |
Keywords: | Lompat Jauh Gaya Jongkok, penekatan bermain, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:56 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34141 |