CANIAGO, SRI RAHMADANIS (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142036 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 7141142036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 7141142036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 7141142036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 7141142036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM. 7141142036 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7141142036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7141142036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7141142036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
13. NIM. 7141142036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7141142036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang beralamat di Jalan Veteran pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI Ak yang berjumlah 39 orang siswa. Penelitian ini
merupakanPenelitian TindakanKelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu tidak ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang sangat kritis, 19 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 49%, 20
siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 51%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis. Terjadi peningkatan pada siklus II sebanyak 16 siswa dengan persentase 41% kemampuan berpikir yang sangat kritis, 19 siswa masuk dalam kategori kritis dengan persentase 49% , 4 siswa masuk dalam kategori cukup kritis dengan persentase 10%, dan tidak ada siswa masuk dalam kategori kurang kritis.
Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 23 siswa (58,97%) yang tuntas menjadi 34 siswa (87,18%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis, dapat disimpulkan bahwab Penerapan Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 079 |
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Predict-Observe-Explain |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:33 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34104 |