GINTING, SETTI DUZIVA (2018) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143341069 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 7143341069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
3. NIM. 7143341069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM. 7143341069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
5. NIM. 7143341069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
6. NIM. 7143341069 TABLES.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7. NIM. 7143341069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7143341069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
9. NIM. 7143341069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (569kB) | Preview
13. NIM. 7143341069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 7143341069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Maslah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin, lingkungan belajar secara parsial dan simultan terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AK SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 orang, dengan jumlah sampel yaitu 54 orang dengan teknik simple total sampling. Teknik pengumpulan data dillakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Person, dan reliablitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik, dan
selajutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t( uji parsial), uji f(uji simultan), dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variable disiplin(X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0, 656 dan
memiliki pengaruh signifikan karena > yaitu 4,539 > 1.67528.
sedangkan variabel lingkungan belajar (X2) memiliki korelasi pada tarap cukup baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,539 dan memiliki pengaruh signifikan karena > (4,516 > 1.67528. Sementara secara simultan variable X1,X2 memiliki pengaruh siginifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung yang sebesar 60,474 yang lebih besar dari F table yaitu 3,18. Disiplin, lingkungana belajar memiliki determinasi sebesar 70,3% terhaadap hasil belajar, sisianya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan ssignifikan antara disiplin dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI SMK Pencawan Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 NIAGA 037 |
Keywords: | Disiplin, Lingkungan Belajar, Hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:26 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34091 |