SILABAN, BUNGA HOTNIDA (2018) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141011 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 7141141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 7141141011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4. NIM. 7141141011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 7141141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7141141011 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7141141011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7141141011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
12. NIM. 7141141011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
13. NIM. 7141141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik berbantuan multimedia terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Jambi Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI AP yang berjumlah 71 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 5% dari total populasi yang
berjumlah 40 orang dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah
diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan
reliabel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar yang dipelajari dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik
menunjukkan hasil belajar siswa dengan pendekatan saintifik berbantuan multimedia adalah pre-tes sebesar42,25 dan pos-test sebesar 85,03, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional adalah pre-tes sebesar 35,00 dan pos-test sebesar 71,50. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,136>1,684 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan anatara pendekatan sainifik terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMK Swasta Jambi Medan
Tahun Pembelajaran 2018/2019 pada pokok pembahasan kelangkaan dan masalah pokok ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 088 |
Keywords: | Pendekatan Saintifik, Multimedia; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:23 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34086 |