Sembiring, Rosmaini (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 BLANG PEGAYON KABUPATEN GAYO LUES. Masters thesis, UNIMED.
NIM 061188210016 COVER.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
NIM 061188210016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
NIM 061188210016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
NIM 061188210016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
NIM 061188210016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
NIM 061188210016 BAB I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
NIM 061188210016 BAB V.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
NIM 061188210016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan basil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri dan basil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran masyarakat belajar, (2) Perbedaan basil belajar matematika antara siswa yang memiliki pya bel'\iar visual dan yang memiliki pya belajar auditoriai, (3) interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap basil belajar matematika.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IP A SMA Negeri 1 Blang Pegayon Kabupaten -oayo Luwes, berjumlah 147 orang yang berasal dati 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk model pembelajaran inkuiri terdiri 38 siswa dan 36 siswa untuk model pembelajaran masyarakat belajar. Instrumen pengukuran untuk mengukur basil bel'\iar digunakan tes berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban .yang terdiri dari 32 soal yang memiliki koefisien reliabilitas
sebesar 0,80. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANA VA dua jatur pat1a war igMfika.ti -a~ o,os.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) basil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajam inkuiri (X =23,97) lebih tinggi daripada basil belajar siswa yang diajar dengan model penibelajaran masyarakat belajar (X =22,88), dengan Fhituog = 4,50 > Flabcl = 3,97 , (2) basil belajar matematika siswa yang memiliki gaya belajar visual {X= 24,41) lebih tinggi daripada basil belajar siswa yang memiliki gaya belajar auditorial (X= 22,00), dengan Fbltuog = 15,22 > Flabcl = 3,97, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar terhadap basil belajar matematlka, dengan Fbitung = 28,50 > Flabcl = 3,91.
Perhitungan uji lanjut dengan uji Scheffe menunjukkan perbedaan yang signifikan pada basil belajar matematika antara model pembelajaran inkuiri dan masyarakat belajar, begitu pula anatara gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.302 8 Sem p |
Keywords: | Gaya belajar; hasil belajar; model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2018 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3406 |