AGUSTINA, TRIE (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA SINAR HUSNI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7142142006 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 7142142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
3. NIM. 7142142006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM. 7142142006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 7142142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 7142142006 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 7142142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 7142142006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. NIM. 7142142006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
13. NIM. 7142142006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
14. NIM. 7142142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran Higher Order Thinking lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Sinar Husni Medan yang beralamat di Jl. Veteran Gg. Utama Pasar V Helvetia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 79 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menghitung nilai mean, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 3,649, sedangkan ttabel sebesar 1,669 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (3,649 > 1,669) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan strategi pembelajaran higher order thinking lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI Ak SMK Swasta Sinar Husni Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 087 |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Strategi Pembelajaran Higher Order Thinking |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:02 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34045 |