SELIAN, KHAIRANI (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PROGRAM EMAS DI PAUD IT RABBANI KELURAHAN PERAPAT TIMUR KECAMATAN LAWE BULAN KUTACANE. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143322016 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 3143322016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
3. NIM. 3143322016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 3143322016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
5. NIM. 3143322016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 3143322016 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 3143322016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
11. NIM. 3143322016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
12. NIM. 3143322016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan karakter anak di PAUD IT Rabbani, untuk mengetahui pembentukan karakter anak yang diterapkan guru melalui program emas di PAUD IT Rabbani. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data dan diperoleh menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui teknik wawancara dan melakukan observasi langsung dengan sepuluh orang informan kepala dan guru PAUD IT Rabbani dan orangtua dari murid IT Rabbani yang ada di Kecamatan Lawe Bulan, Kutacane. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAUD IT Rabbani dalam pembentukan karakter anak adalah guru sebagai pengajar, guru sebagai panutan, guru sebagai orangtua, guru sebagai motivator dan guru sebagai teman bermain. Pembentukan karakter anak yang diterapkan guru melalui program emas di PAUD IT Rabbani ialah dengan penanaman aqidah pada anak melalui pengembangan rukun iman, penanaman aqidah pada anak melalui rukun Islam, penanaman aqidah pada anak melalui ihsan yang sesuai dengan perkembangannya, pembentukan karakter emosi, pembentukan karakter kemandirian, pembentukan karakter akhlak, pembentukan karakter sosialisasi, pengenalan al-quran pada anak didik, pembelajaran hadist pada anak didik, pembelajaran doa pada anak didik, pembelajaran kisah nabi pada anak didik dan pembelajaran salafussoleh pada anak didik dan tanggapan orangtua dari anak-anak didik yang sekolah di PAUD IT Rabbani ketika anak mereka sudah mengikuti pembelajaran di PAUD tersebut ialah dimulai dari kemandirian, keberanian dan pengetahuan agama anak mengalami peningkatan dan menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ANTRO 063 |
Keywords: | Pembentukan Karakter Anak, Program Emas, PAUD |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 13:49 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34021 |