Togatorop, Asima R. (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN THINK ALOUND PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTER LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA KARTIKA I-4 PEMATANG SIANTAR T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342066 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 7133342066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
3. NIM. 7133342066 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM. 7133342066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 7133342066 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 7133342066 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7133342066 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7133342066 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 7133342066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM. 7133342066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7133342066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Kartika I-4 Pematang Siantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Alound Pair Problem Solving dengan pendekatan Student Center Learining T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Kartika I-4 yang terletak di Jl.Katini No.8 Pematang Siantar. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas XI-AK yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana, dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil pretest dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang (42,5%) dengan nilai rata-rata (69,375%), sedangkan pada postes siklus I yang tuntas sebanyak 25 orang (62,5%) dengan nilai rata-rata (74,15%). Meningkat pada siklus II menjadi 37 orang (92,5%) dengan nilai rata-rata (83,075%). Demikian dengan Aktivitas belajar pada siklus I dengan jumlah siswa yang aktif dan sangat aktif sebanyak 24 orang (60%). Meningkat pada siklus II menjadi 35 orang (87,5%). Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Think Alound Pair Problem Solving dengan pendekatan Student Center Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar Mencatat Transaksi ke dalam Jurnal Umum kelas XI IPS SMA SWASTA Kartika I-4 Pematang Siantar T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 096 |
Keywords: | Aktivitas dan Hasil Belajar model pembelajaran Think Alound Pair Problem Solving dengan Pendekatan Student Center Learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:51 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33980 |