ROSMALA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATA PELAJARAN DASAR POLA SISWA KELAS X JURUSAN TATA BUSANA SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5131141022 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 5131141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (649kB) | Preview
3. NIM. 5131141022 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 5131141022 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM. 5131141022 TABEL OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5131141022 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 5131141022 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
8. NIM. 5131141022 BODY.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5131141022 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM. 5131141022 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
14. NIM. 5131141022 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
15. NIM. 5131141022BIBLOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbantuan LKPD pada mata pelajaran Dasar Pola siswa kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbantuan LKPD pada mata pelajaran Dasar Pola siswa kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & developement). Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dikembangkan oleh Sugiono yang terdiri dari 10 langkah pengembangan , yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, 6) uji coba kelompok kecil, 7) revisi produk, 8) uji coba kelompok sedang, 9) revisi produk, 10) uji coba kelompok besar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi yaitu 5 siswa untuk uji coba kelompok kecil, 15 siswa untuk uji joba kelompok sedang, dan 29 siswa untuk uji coba kelompok besar.
Hasil penelitian berupa: 1) pengembangan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbantuan Lebar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada mata pelajaran Dasar Pola ini berasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu (a) potensi dan masalah, meliputi: angket kebutuaan guru dan siswa, (b) pengumpulan data, meliputi: mengumpulkan informasi dan materi belajar, (c) desain produk, meliputi: pra produksi, produksi, dan pasca produksi (d) validasi desain, meliputi: ahli media dan ahli materi, (e) revisi produk, (f) uji coba kelompok kecil, (g) revisi produk, (h) uji coba kelompok sedang, (i) revisi produk, (j) uji coba kelompok besar. Produk media Adobe Flash CS6 yang dikembangkan memiliki komponen warna, gambar, suara, dan animasi yang dibuat dalam format exe, sehingga produk media bisa digunakan pada berbagai jenis komputer tanpa perlu menginstal program Adobe Flash CS6, 2) Media pembelajaran yang layak digunakan baik dari segi pembelajaran, isi, tampilan dan pemrograman. Kelayakan media pembelajaran pembuatan pola dasar badan atas secara kontruksi berbasis Adobe Flash CS6 berbantuan Lebar Kerja Peserta Didik (LKPD) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media yang masing-masing terdiri dari dua validator termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan persentase rata-rata 93,1% untuk ahli media dan 97,5% untuk ahli materi. Uji coba kelompok kecil dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek 64,3% termasuk dalam kategori “Cukup Baik”. Uji coba kelompok sedang dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek 78,52% termasuk dalam kategori “Baik”. Dan uji coba kelompok besar untuk 29 orang siswa dengan persentase rata-rata keseluruhan aspek 87,1% termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 035 |
Keywords: | Media Pembelajaran, Adobe Flash Cs6, Lkpd, Pola Dasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:48 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33856 |