PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 KELAS X DI SMK NEGERI 5 MEDAN T.A. 2018/2019

Wilantika (2018) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 KELAS X DI SMK NEGERI 5 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5142131003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5142131003 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5142131003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5142131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5142131003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5142131003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5142131003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5142131003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5142131003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5142131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5142131003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5142131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5142131003 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5142131003 TABLES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5142131003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5142131003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5142131003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5142131003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5142131003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5142131003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5142131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan pada mata Pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Siswa cenderung sulit memahami materi pelajaran disebabkan media yang digunakan guru tidak dapat menimbulkan daya imajinasi
terhadap materi yang dipelajari. Hal ini akan berdampak pada motivasi dan minat belajar siswa menurun. Oleh sebab itu penelitian ini berupaya untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat
menampilkan animasi dan video sehingga membuat siswa aktif dalam belajar.
Metode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE ( Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai desain pembelajarannya. Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan oleh ahli media menunjukkan rata- rata penilaian sebesar 4,58 dan dinyatakan “Sangat Baik” dan pengujian terhadap multimedia interaktif oleh ahli materi menunjukkan rata-rata penilaian sebesar 4,81 dan dinyatakan “Sangat Baik”. Pengujian angket penilaian siswa yang berjumlah 20 orang, didapat rata-rata penilaian secara keseluruhan sebesar 4,61 “Sangat Baik”.
Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis interaktif yang dikembangkan sangat baik dan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi Besaran Listrik
Standar Nasional, jenis – jenis alat ukur besaran listrik, pengertian dan SOP alat ukur: Ampere Meter, Volt Meter, Ohm Meter, dan Multi Meter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 058
Keywords: multimedia interaktif,research and development (r&d); ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 09:58
Last Modified: 10 Apr 2019 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33775

Actions (login required)

View Item
View Item