PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN T.A 2018/2019

PANGGABEAN, NAZLA NURUL AULIA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143311024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143311024 COVER.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4143311024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4143311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143311024 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143311024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143311024 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143311024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143311024 TABLE OF CONTENT_docx.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143311024 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143311024 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143311024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143311024 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143311024 TABLES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143311024 APPENDICIES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143311024 APPENDICIES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143311024 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143311024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143311024 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143311024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143311024 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas
VIII SMP Negeri 30 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan T.A 2018/2019 yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah kemampuan
komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Berdasarkan analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I diperoleh 15 siswa (46,875%) dari 32 siswa telah mencapai ketuntasan
belajar (≥ 70). Setelah tindakan II, melalui pemberian tes kemampuan komunikasi matematika II diperoleh 28 siswa (87,5%) dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (≥ 70). Terjadi peningkatan persentase ketuntasan
klasikal sebesar 40,625%. Berdasarkan kriteria ketuntasan klasikal maka persentase ketuntasan ini sudah memenuhi.
Nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematika pada siklus I yaitu 67,18 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,03. Peningkatatan nilai ratarata yaitu sebesar 14,59. Berdasarkan uraian-uraian di atas disimpulkan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP
Negeri 30 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 167
Keywords: Think Pair Share; Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2019 11:43
Last Modified: 08 Apr 2019 07:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33702

Actions (login required)

View Item
View Item