NASUTION, ADE PUTRI HANDAYANI (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN SELF-CONTROL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151001_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1143151001_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
3. NIM. 1143151001_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM. 1143151001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
5. NIM. 1143151001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 1143151001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
7. NIM. 1143151001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1143151001_BAB I.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
12. NIM. 1143151001_BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
13. NIM. 1143151001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap peningkatan self-control siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII T-2 yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket self-control. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penilitian ini adalah nilai Jhitung = 21 dengan
= 0,05 dan n = 10 sehingga nilai J tabel adalah 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 21 > 8. Data pre-test atau sebelum pemberian layanan bimbingan
kelompok teknik simulasi diperoleh skor rata-rata 63.9 sedangkan data post-testatau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik simulasi diperoleh skor ratarata
105. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik simulasi lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik simulasi . Perubahan peningkatan interval self-control siswa setelah
diberi layanan bimbingan kelompok teknik simulasi sebesar 64.3%. hal ini menunjukkan ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap peningkatan self-control siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan
Tahun Ajaran 2018/2019 maka hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 088 |
Keywords: | bimbingan kelompok,teknik simulasi,self-control |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:13 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33685 |