PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN SELF-CONTROL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

NASUTION, ADE PUTRI HANDAYANI (2018) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SIMULASI TERHADAP PENINGKATAN SELF-CONTROL SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1143151001_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1143151001_COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1143151001_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1143151001_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1143151001_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1143151001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1143151001_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1143151001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1143151001_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1143151001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1143151001_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1143151001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1143151001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1143151001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1143151001_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1143151001_BAB I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1143151001_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1143151001_BAB V.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1143151001_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1143151001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap peningkatan self-control siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII T-2 yang terdiri dari 10 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah angket self-control. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok. Teknik analisis data yang diperoleh menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penilitian ini adalah nilai Jhitung = 21 dengan
 = 0,05 dan n = 10 sehingga nilai J tabel adalah 8. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 21 > 8. Data pre-test atau sebelum pemberian layanan bimbingan
kelompok teknik simulasi diperoleh skor rata-rata 63.9 sedangkan data post-testatau setelah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik simulasi diperoleh skor ratarata
105. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapat layanan bimbingan kelompok teknik simulasi lebih tinggi daripada sebelum mendapat layanan bimbingan kelompok teknik simulasi . Perubahan peningkatan interval self-control siswa setelah
diberi layanan bimbingan kelompok teknik simulasi sebesar 64.3%. hal ini menunjukkan ada pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik simulasi terhadap peningkatan self-control siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan
Tahun Ajaran 2018/2019 maka hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BK 088
Keywords: bimbingan kelompok,teknik simulasi,self-control
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2019 11:13
Last Modified: 08 Apr 2019 04:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33685

Actions (login required)

View Item
View Item