SINURAT, HERMAN (2018) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA KELAS XI SEMESTER I PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 7 BINJAI T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141121026 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
2. NIM 4141121026 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 4141121026 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4. NIM 4141121026 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
5. NIM 4141121026 TABEL OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM 4141121026 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7. NIM 4141121026 TABLE_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 4141121026 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4141121026 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
14. NIM 4141121026 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13. NIM 4141121026 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual siswa kelas XI semester I pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA Negeri 7 Binjai T.P
2018/2019. Jenis penelitian adalah penelitian quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel
dilakukan secara class random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian pengetahuan konseptual dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi aktivitas siswa yang dilakukan oleh observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 35,92 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 35,35. Uji normalitas data Lhitung < Ltabel (0,1311 < 0,1497) artinya data berdistribusi normal. Untuk uji
homogenitas Fhitung < Ftabel (1,05 < 1,76). Setelah itu dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (0,324 < 1,997) yang artinya kedua kelas memiliki
kemampuan awal sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda yaitu model kooperatif tipe group investigation (GI) pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas
eksperimen 80,57 dan kelas kontrol 70,5. Dari perlakuan yang di berikan pada kelas eksperimen setiap pertemuannya diperoleh aktivitas siswa memiliki rata-rata 73,48 tergolong cukup aktif. Kemudian dilakukan uji t untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 5,782 sedangkan ttabel = 1,6694 karena thitung > ttabel maka ada
perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap pengetahuan konseptual siswa kelas XI Semester I pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 182 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Model Kooperatif GI, Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:05 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33676 |