PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM-BASA

Simaremare, Sanhot (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM-BASA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166141015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166141015 COVER.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166141015 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (758kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166141015 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166141015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166141015 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166141015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166141015 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166141015 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166141015 TABLES.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166141015 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166141015 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166141015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166141015 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166141015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (675kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166141015 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166141015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166141015 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview

Abstract

Implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada pembelajaran kimia
menjadi strategi untuk memenuhi tuntutan Kurikulum Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia (KKNI), sehingga dibutuhkan pembelajaran yang aktif melalui
proyek yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa
terhadap subjek yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan
ajar kimia inovatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi
kesetimbangan asam-basa. Penelitian ini dimulai dari integrasi proyek pada sub
pokok bahasan materi kesetimbangan asam-basa yang kemudian dikemas dalam
bentuk multimedia untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Bahan ajar inovatif yang
dikembangkan diimplementasikan sebagai panduan belajar mahasiswa untuk
mengerjakan proyek dalam mendukung penguasaan materi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa diperoleh bahan ajar yang standard sesuai dengan kurikulum
universitas. Bahan ajar yang telah standard dikemas dalam bentuk multimedia.
Hasil implementasi menunjukkan bahwa bahan ajar efektif digunakan sebagai
panduan mahasiswa dalam mempelajari kimia analitik dasar khususnya pada materi
kesetimbangan asam-basa. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat
setelah menggunakan bahan ajar. Selain itu, mehasiswa menjadi lebih termotivasi
dalam belajar kimia melalui proyek yang diintegrasikan. Berdasarkan uraian
tersebut maka bahan ajar inovatif yang dikembangan dapat meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sesu

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540 Sim p
Keywords: Inovasi pembelajaran, proyek, Multimedia, Keterampilan Mahasiswa, Kesetimbangan asam-basa
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Apr 2019 04:20
Last Modified: 04 Apr 2019 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33640

Actions (login required)

View Item
View Item