Simaremare, Sanhot (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS PROYEK UNTUK PENGAJARAN KESETIMBANGAN ASAM-BASA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166141015 COVER.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
2. NIM. 8166141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
3. NIM. 8166141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
4. NIM. 8166141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 8166141015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
6. NIM. 8166141015 TABLES.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7. NIM. 8166141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
8. NIM. 8166141015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
9. NIM. 8166141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (675kB) | Preview
13. NIM. 8166141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 8166141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Implementasi kurikulum berbasis kompetensi pada pembelajaran kimia
menjadi strategi untuk memenuhi tuntutan Kurikulum Kerangka Kualifikasi
Nasional Indonesia (KKNI), sehingga dibutuhkan pembelajaran yang aktif melalui
proyek yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa
terhadap subjek yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan bahan
ajar kimia inovatif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi
kesetimbangan asam-basa. Penelitian ini dimulai dari integrasi proyek pada sub
pokok bahasan materi kesetimbangan asam-basa yang kemudian dikemas dalam
bentuk multimedia untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Bahan ajar inovatif yang
dikembangkan diimplementasikan sebagai panduan belajar mahasiswa untuk
mengerjakan proyek dalam mendukung penguasaan materi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa diperoleh bahan ajar yang standard sesuai dengan kurikulum
universitas. Bahan ajar yang telah standard dikemas dalam bentuk multimedia.
Hasil implementasi menunjukkan bahwa bahan ajar efektif digunakan sebagai
panduan mahasiswa dalam mempelajari kimia analitik dasar khususnya pada materi
kesetimbangan asam-basa. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat
setelah menggunakan bahan ajar. Selain itu, mehasiswa menjadi lebih termotivasi
dalam belajar kimia melalui proyek yang diintegrasikan. Berdasarkan uraian
tersebut maka bahan ajar inovatif yang dikembangan dapat meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan mahasiswa sesu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540 Sim p |
Keywords: | Inovasi pembelajaran, proyek, Multimedia, Keterampilan Mahasiswa, Kesetimbangan asam-basa |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 04:20 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33640 |