Harahap, Nurul Mamelya (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA PREZI DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8166141013 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM.8166141013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
3. NIM.8166141013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM.8166141013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
5. NIM.8166141013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
6. NIM.8166141013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. NIM.8166141013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
8. NIM.8166141013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
9. NIM.8166141013 BAB I.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
13. NIM.8166141013 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
14. NIM.8166141013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh antara model pembelajaran PBL berbantuan media prezi dengan model Pembelajaran DI berbantuan media prezi terhadap hasil belajar siswa; 2) pengaruh hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL berbantuan media prezi dengan model pembelajaran DI berbantuan media prezi pada tingkat motivasi belajar siswa; 3) interaksi antara model pembelajaran PBL berbantuan media prezi dengan tingkat motivasi terhadap hasil belajar siswa; dan 4) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI semester II. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari sebelas kelas, kelas XI IPA1 sampai dengan XI IPA11. Dari total kelas XI yang ada akan diambil masing-masing dua kelas dimana satu kelas untuk kelas eksperimen I (Model PBL berbantuan media Prezi), dan satu kelas untuk kontrol (Model PBL berbantuan media Prezi) yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable serta angket motivasi. Teknik analisis yang digunakan teknik Two Way Anova dan uji Correlation pada program SPSS 24. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh hasil belajar melalui pembelajaran PBL berbantuan media Prezi dan model DI berbantuan media Prezi; 2) Terdapat pengaruh hasil belajar melalui pembelajaran PBL berbantuan media Prezi dan model DI berbantuan media Prezi pada tingkat motivasi tinggi dan rendah (p = 0,000 < 0,05); 3) Terdapat Interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi hasil belajar (p = 0,000 < 0,05); dan 4) Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar (p = 0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547 Har p |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL), media prezi, Motivasi, Hasil Belajar, koloid. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 03:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33623 |