EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS SISWA SMK

Harahap, Afni Zahara (2019) EFEK MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KRITIS SISWA SMK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156176001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156176001 COVER.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156176001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156176001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156176001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156176001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156176001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156176001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156176001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156176001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156176001 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156176001 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156176001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156176001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156176001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156176001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156176001 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156176001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (992kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156176001 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156176001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156176001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156176001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kreatif dan
kemampuan berpikir kritis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
project based learning lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan
pembelajaran konvensional, menganalisis peningkatan (gain) kemampuan
berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan model
pembelajaran project based learning, menganalisis peningkatan (gain)
kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan
pembelajaran konvensional, dan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan
berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas X TKJ SMK Putra Anda Binjai semester II
tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random class,
yaitu sebanyak 2 kelas yang masing-masing berjumlah 35 orang kelas eksperimen
dan 33 orang kelas kontrol. Kelas X TKJ-1 sebagai kelas eksperimen diajarkan
dengan model pembelajaran project based learning, kelas X TKJ-2 sebagai kelas
kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini
menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari 5 soal berbentuk
essay dan tes kemampuan berpikir kritis terdiri dari 5 soal berbentuk essay yang
sudah valid. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan
berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran project based learning
lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan
berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran konvensional. Terdapat
pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan
berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan (gain)
kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan
model pembelajaran project based learning berada pada kategori sedang dan
peningkatan (gain) kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis
siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori
rendah, Uji korelasi menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara
kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Hap e
Keywords: model pembelajaran project based learning, pembelajaran konvensional, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:25
Last Modified: 18 Mar 2019 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33572

Actions (login required)

View Item
View Item