PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA SMPN 2 KOTA LANGSA

Zubir, Muhammad (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA SMPN 2 KOTA LANGSA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8126171025 cover.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8126171025 cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8126171025 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8126171025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (704kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8126171025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8126171025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8126171025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8126171025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8126171025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8126171025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8126171025 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8126171025 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8126171025 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8126171025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8126171025 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8126171025 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8126171025 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8126171025 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8126171025 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8126171025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8126171025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8126171025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memeroleh pembelajaran konvensional (2) perbedaan peningkatan kemandirian belajar antara siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (3) Tidak ada interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis (4) tidak ada interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN2 Langsa berjumlah 68 orang. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes kemampuan awal matematis, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi isi, dengan koefesien reliabilitas 0,77 untuk kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data yang digunakan adalah Two way ANOVA. Berdasarkan hasil analisis Two way ANOVA diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kontekstual lebih meningkat berdasarkan kategori tinggi yaitu 0,851 ,sedang 0,635 dan kategori rendah 0,492 sedangkan pada kelompok konvensional kategori tinggi 0,488, sedang 0,349 dan kategori rendah 0,228, perbandingan ini di tinjau dari rerata secara keseluruhan dari kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Kemandirian belajar siswa secara keseluruhan juga terjadi peningkatan berdasarkan kategori tinggi yaitu 0,463, sedang 0,369 dan kategori rendah 0,265 sedangkan pada kelompok pembelajaran konvensional berdasarkan kategori tinggi yaitu 0,371 sedang 0,183 dan kategori rendah yaitu 0,089. (3) tidak ada interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa secara bersama-sama terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (4) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan kemampuan awal matematis siswa secara bersama-sama terhadap peningkatan kemandirian belajar matematis siswa. Saran yang diajukan yaitu: (i) pembelajaran kontekstual pada pembelajaran matematika yang menekankan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapakan pembelajaran matematika yang inovatif khususnya dalam materi Kubus dan Balok, (ii) Kepada peneliti selanjutnya agar dapat memperbaharui dan memodifikasi pembelajarannya dan menerapkan pembelajaran kontekstual

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Zub p
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah matematis, Kemandirian Belajar Siswa dan Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:34
Last Modified: 15 Mar 2019 08:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33568

Actions (login required)

View Item
View Item