Fitriani, Zulia (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI SEGITIGA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171035 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8156171035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156171035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8156171035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5. NIM 8156171035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
6. NIM 8156171035 TABLE.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
7. NIM 8156171035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 8156171035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. NIM 8156171035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (887kB) | Preview
14. NIM 8156171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
14. NIM 8156171035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. (2) Menganalisis peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik. (3) Menganalisis perbedaan kemampuan literasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Thiagarajan, Semmel dan Semmel) dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Buku Siswa (BS), Buku Guru (BG), dan Instrumen Evaluasi atau Tes Hasil Belajar (THB) berbasis pendekatan realistik pada materi segitiga. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Ulum Medan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Ulum Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas VII-5 (kelas eksperimen I), kelas VII-6 (kelas eksperimen II), dan kelas VII-2 (kelas kontrol). Analisis perbandingan yang dilakukan menggunakan uji T dua sampel. Dari hasil tes pada uji coba I dan II diperoleh bahwa (1) perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata pada kemampuan literasi matematis siswa setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik, yaitu sebesar 12,71, (3) terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis secara signifikan,
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 511.3 Fit p |
Keywords: | Perangkat pembelajaran, pendekatan realistik, literasi matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 09:51 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 09:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33565 |