KONTRIBUSI ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI EKOLOGI SISWA SMA NEGERI SE KOTA MEDAN

Riyanti (2019) KONTRIBUSI ASPEK MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, SIKAP ILMIAH DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI EKOLOGI SISWA SMA NEGERI SE KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  8166173016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8166173016 COVER.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  8166173016 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8166173016 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  8166173016 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8166173016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  8166173016 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166173016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  8166173016 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8166173016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  8166173016 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8166173016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  8166173016 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8166173016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  8166173016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8166173016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  8166173016 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8166173016 BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  8166173016 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8166173016 BAB V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  8166173016 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8166173016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi aspek multiple intelligences
terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses
sains pada materi ekologi siswa SMA Negeri se Kota Medan tahun akademik
2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri se Kota Medan tahun
akademik 2017/2018 yang berjumlah 4.228 siswa. Sampel dalam penelitian ini
diambil dengan menggunakan rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak
365 siswa. Penentuan jumlah sampel pada setiap sekolah dilakukan dengan teknik
Proportionate Random Sampling dan untuk menentukan sampel pada setiap
sekolah dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dengan cara
diundi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner multiple
intelligences, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi materi ekologi, kuesioner
sikap ilmiah tentang sikap peduli lingkungan, dan tes keterampilan proses sains
materi ekologi. Kontribusi aspek multiple intelligences terhadap kemampuan
berpikir tingkat tinggi, sikap ilmiah dan keterampilan proses sains diperoleh
dengan menggunakan analisis regresi ganda bertahap. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aspek multiple intelligences yang paling berkontribusi
terhadap kemampuan berpikir tinggi siswa SMA Negeri se Kota Medan pada
materi ekologi adalah kecerdasan naturalis, kecerdasan musikal, kecerdasan
logika matematika, dan kecerdasan interpersonal dengan kontribusi sebesar
94,0%. Aspek multiple intelligences yang paling berkontribusi terhadap sikap
ilmiah siswa SMA Negeri se Kota Medan pada materi ekologi adalah kecerdasan
intrapersonal, kecerdasan eksistensial, dan kecerdasan visual spasial dengan
kontribusi sebesar 93,8%. Sedangkan aspek multiple intelligences yang paling
berkontribusi terhadap keterampilan proses sains siswa SMA Negeri se Kota
Medan pada materi ekologi adalah kecerdasan interpersonal, kecerdasan verbal
linguistik, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan logika matematika dengan
kontribusi sebesar 80,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577 Riy k
Keywords: Aspek multiple intelligences, kemampuan berpikir tingkat tinggi sikap ilmiah, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 14 Mar 2019 09:18
Last Modified: 14 Mar 2019 09:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33560

Actions (login required)

View Item
View Item