Putri, Nurul Stephanie (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII MTS ISLAMIYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4133311001 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2 NIM 4133311001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
3 NIM 4133311001 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4 NIM 4133311001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5 NIM 4133311001 PREVACE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6 NIM 4133311001 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8 NIM 4133311001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7 NIM 4133311001 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9 NIM 4133311001 LIST OF APENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10 NIM 4133311001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14 NIM 4133311001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
15 NIM 4133311001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS – TS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat pada kelas VII-B MTs Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII-B MTs Islamiyah Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi segiempat di kelas VII-B MTs Islamiyah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai target belajar dari tes awal yaitu 9 dari 32 siswa atau 28,12% dengan rata-rata kelas 49,37. Hasil analisis data pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS – TS) menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai target belajar adalah 17 dari 32 siswa atau 53,13% dengan rata-rata kelas 65,12. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyaknya siswa mencapai target belajar yaitu 28 dari 32 siswa atau 87,5% dengan rata-rata kelas 74,48. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga
siklus II. Berdasarkan kriteria pencapaian target belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target belajar klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray (TS – TS) dikelas VII-B MTs Islamiyah Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 102 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah matematika; pembelajaran kooperatif tipe two stay - two stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 15:28 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33373 |