SINAGA, ASMIDAR (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1141111015_COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 1141111015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 1141111015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 1141111015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1141111015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1141111015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1141111015_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1141111015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 1141111015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
10. NIM. 1141111015_BAB I.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
14. NIM. 1141111015_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1141111015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review). Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SD Negeri 101765 Banadar Setia T.A 2017/2018 yang berjumlah 31 orang
yang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah post test pada setiap akhir siklus, lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian pada pre test diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 61,85, yaitu sebanyak 9 orang siswa
yang mampu dengan persentase ketuntasan sebesar 29,03%, dan sebanyak 22 orang siswa kurang mampu dengan persentase sebesar 70,97%. Dari hasil post test yang dilakukan pada siklus I diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 69,60, dengan jumlah siswa yang mampu sebanyak 18 orang siswa dengan persentase
ketuntasan sebesar 58,06%, sedangkan 13 orang siswa dinyatakan kurang mampu dengan persentase sebesar 41,94 %. Adapun hasil yang diperoleh pada post test siklus II yaitu nilai rata- rata siswa sebesar 84,03, dengan rincian sebanyak 28 orang siswa dinyatakan mampu dengan persentase sebesar 90,32%, sebanyak 3
orang siswa dinyatakan kurang mampu dengan persentase 9,68%.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 152 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:11 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33326 |