Banjarnahor, Jamanat Artinus (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) DI SMAN 14 MEDAN T.P. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133141035 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4133141035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 4133141035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
4. NIM. 4133141035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM. 4133141035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 4133141035 TABLE.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4133141035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8.NIM. 4133141035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4133141035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13. NIM. 4133141035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 4133141035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil belajar dan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan Direct Instruction (DI) pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 serta melihat perbedaan pada kedua model tersebut. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas POE dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas DI. Alat pengumpul data hasil belajar yaitu soal berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal sedangkan untuk mendapatkan data aktivitas siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi. Tes dilakukan diakhir pembelajaran sedangkan aktivitas siswa diamati selama pembelajaran. Data yang diperoleh di analisis dengan uji t. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa pada sistem peredaran darah manusia menggunakan Model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) yaitu (76,95±10,83) dan model pembelajaran Direct Instruction (DI) (73,12± 8,50) yaitu berbeda secara signifikan pada taraf α=0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada perbedaan antara aktivitas belajar yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POE dan DI dengan rata rata 70,6 untuk kelas POE dan 50,3 untuk kelas DI. Data analisis menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa yang menggunakan model pembelajaran POE lebih baik daripada model DI untuk materi Sistem Peredaran Darah Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 070 |
Keywords: | Model pembelajaran Predict Explain (POE); Model Pembelajaran Direct Instruction (DI); Hasil Belajar; Aktivitas Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:06 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33323 |