PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK SINAR HUSNI T.P 2017/2018

BANUREA, FERYANI ARTANTA (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK SINAR HUSNI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01.  NIM 5133331028 COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM 5133331028 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM 5133331028 APPROVAL OF SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM 5133331028 APPROVAL OF SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM 5133331028 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM 5133331028 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM 5133331028 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM 5133331028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM 5133331028 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM 5133331028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 06.NIM 5133331028 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
06.NIM 5133331028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5133331028 TABELES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5133331028 TABELES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 08.NIM 5133331028 APPENDICS.pdf]
Preview
Text
08.NIM 5133331028 APPENDICS.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM 5133331028 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
09. NIM 5133331028 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 5133331028 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
13. NIM 5133331028 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 5133331028 BIBLOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 5133331028 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada dasar dan pengukuran listrik dengan menggunakan Model Pembelajaran Group investigation di kelas X TIPTL SMK Sinar Husni, (2)mengetahui hasil belajar siswa pada dasar dan pengukuran listrik dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dikelas X TIPTL SMK Sinar Husni.(3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group investigation dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TIPTL SMK Sinar Husni yang berjumlah 252 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling,sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dasar dan pengukuran listrik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dasar dan pengukuran listrik di kelas eksperimen ( menggunakan model pembelajaran Group Investigation) diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,00 dan standard deviasi 39,312 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 83,33%. Sedang kelas kontrol ( menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata 72,44 dan standart deviasib 7,268 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 55,46%. Hasil uji –t diperoleh nilai t_hitung > t_tabel,yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X SMK Sinar Husni tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan menggunakan model Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menngunakan model pembelajaran Problem Based Learning diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 ELK 038
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN,GROUP INVESTIGATION,PROBLEM BASED LEARNING,HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 10:51
Last Modified: 18 Mar 2019 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33232

Actions (login required)

View Item
View Item