BANUREA, FERYANI ARTANTA (2018) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK SMK SINAR HUSNI T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5133331028 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
02. NIM 5133331028 APPROVAL OF SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
03. NIM 5133331028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
04. NIM 5133331028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
05. NIM 5133331028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
06.NIM 5133331028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
07. NIM 5133331028 TABELES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08.NIM 5133331028 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
09. NIM 5133331028 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM 5133331028 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM 5133331028 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa pada dasar dan pengukuran listrik dengan menggunakan Model Pembelajaran Group investigation di kelas X TIPTL SMK Sinar Husni, (2)mengetahui hasil belajar siswa pada dasar dan pengukuran listrik dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dikelas X TIPTL SMK Sinar Husni.(3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group investigation dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TIPTL SMK Sinar Husni yang berjumlah 252 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling,sehingga jumlah sampel penelitian adalah 72 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dasar dan pengukuran listrik. Uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dasar dan pengukuran listrik di kelas eksperimen ( menggunakan model pembelajaran Group Investigation) diperoleh nilai rata-rata sebesar 80,00 dan standard deviasi 39,312 dengan tingkat kecenderungan nilai tinggi sebesar 83,33%. Sedang kelas kontrol ( menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning) diperoleh nilai rata-rata 72,44 dan standart deviasib 7,268 dengan tingkat kecenderungan nilai cukup sebesar 55,46%. Hasil uji –t diperoleh nilai t_hitung > t_tabel,yang artinya bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik siswa kelas X SMK Sinar Husni tahun ajaran 2017/2018 yang diajar dengan menggunakan model Group Investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menngunakan model pembelajaran Problem Based Learning diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 038 |
Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN,GROUP INVESTIGATION,PROBLEM BASED LEARNING,HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 10:51 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33232 |