EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA

Hutagalung, Devi Kristina (2018) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN RASA INGIN TAHU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166176004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166176004 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166176004 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166176004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166176004 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166176004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166176004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166176004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166176004 TABLE OF CONTETNT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166176004 TABLE OF CONTETNT.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166176004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166176004 TABLES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166176004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166176004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166176004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166176004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166176004 CAHPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166176004 CAHPTER I.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166176004 CAHPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166176004 CAHPTER V.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166176004 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166176004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang
diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih baik daripada
pembelajaran konvensional, untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa
yang memiliki rasa ingin tahu diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang
memiliki rasa ingin tahu dibawah rata-rata, untuk mengetahui interaksi antara
model pembelajaran Scientific Inquiry dengan rasa ingin tahu terhadap
keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi
eksperimen dengan desain two group pretes postes design. Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Medan Semester I tahun ajaran
2018/2019. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Cluster Random Class,
yaitu sebanyak 2 kelas yang berjumlah 72 orang. Kelas XI MIA 3 sebagai kelas
eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Scientific Inquiry terdiri
dari 36 orang siswa, sedangkan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol diajarkan
dengan pembelajaran konvensional terdiri dari 36 orang siswa. Instrumen
penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu instrumen keterampilan proses sains yang
terdiri dari 10 soal dalam bentuk essay tes, dan instrumen rasa ingin tahu terdiri
dari 20 soal dalam kuisioner. Data yang dihasilkan, dianalisis dengan
menggunakan Anava dua jalur. Nilai rata-rata Postes Keterampilan Proses Sains
dengan model pembelajaran Scientific Inquiry sebesar 72,84 sedangkan model
pembelajaran konvensional sebesar 72,29. Hal ini bahwa pembelajaran dengan
Scientific Inquiry dengan rasa ingin tahu lebih baik daripada model pembelajaran
konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Hut e
Keywords: Model Scientific Inquiry, Konvensional, Rasa Ingin Tahu, dan Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2019 05:32
Last Modified: 09 Mar 2019 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33175

Actions (login required)

View Item
View Item