Aritonang, Abden Rahim (2018) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 3 SIDIKALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166172001 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM 8166172001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
3. NIM 8166172001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM 8166172001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
4. NIM 8166172001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 8166172001 TABLES.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 8166172001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 8166172001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (911kB) | Preview
12. NIM 8166172001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM 8166172001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di lakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung; (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung; (3) Bagaimana proses penyelesaian soal-soal yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran langsung.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Sidikalang. Kelas Eksperimen I diberi perlakuan model pembelajaran kontekstual dan kelas eksperimen II diberi perlakuan model pembelajaran langsung.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan pemecahan masalah; (2) Angket disposisi matematis siswa. Tes yang digunakan berbentuk uraian. Tes dan angket yang digunakan telah dinyatakan valid dan reliabel. Persamaan regresi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi di kelas eksperimen II adalah Dan persamaan regresi disposisi matematis siswa di kelas Eksperimen I adalah dan persamaan regresi di kelas eksperimen II adalah .
Analisis inferensial data dilakukan dengan menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian yang di peroleh yaitu: (1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui melalui model pembelajaran langsung; (2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar melalui melalui model pembelajaran langsung; (3) proses penyelesaian jawaban siswa pada kemampuan pemecahan masalah yang diajar melalui model pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada siswa yang diajar melalui model pembelajaran langsung
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Ari p |
Keywords: | Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran Langsung, kemampuan pemecahan masalah matematis, disposisi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2019 03:43 |
Last Modified: | 09 Mar 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33166 |