PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 ANDAM DEWI

Marbun, Merti Sanni P (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMAN 1 ANDAM DEWI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156171016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156171016 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156171016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156171016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156171016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156171016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156171016 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156171016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156171016 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156171016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156171016 LIST OF TABLES .pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156171016 LIST OF TABLES .pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156171016 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156171016 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 8156171016 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 8156171016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156171016 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156171016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156171016 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156171016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang dikembangkan ; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Aktivitas Siswa (LAS), Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS), tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan pemahaman konsep siswa. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai pretest 66,66 dan nilai posttest 74,83, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai pretest 70,50 dan nilai posttest 85,16; 3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan model problem based learning yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai pretest 65,66 dan nilai posttest 73,33 dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai pretest 72,16 dan nilai posttest 85,16. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran problem based learning dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Mar p
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran, model 4-D, problem based learning, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan pemahaman konsep matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 Mar 2019 09:06
Last Modified: 08 Mar 2019 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33149

Actions (login required)

View Item
View Item