Verawati (2019) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DAN PENEMUAN TERBIMBING. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156171030 COVER.pdf - Published Version
Download (367kB) | Preview
2. 8156171030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
3. 8156171030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. 8156171030 PREPACE.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
5. 8156171030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. 8156171030 TABLES.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
7. 8156171030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. 8156171030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
9. 8156171030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (852kB) | Preview
13. 8156171030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. 8156171030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran penemuan terbimbing, (2) perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran penemuan terbimbing, (3) proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pujud dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII 2 dan VII 4, masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) Tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan (2) Angket motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningktan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing, (2) Terdapat perbedaan peningkatan motivasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada siswa yang diberi pembelajaran Penemuan Terbimbing, dan (3) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis yang diberi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik karena hampir semua siswa bisa menyelesaian soal dengan memenuhi rubrik penskoran kemampuan pemecahan masalah matematis dibandingkan dengan pembelajaran Penemuan Terbimbing
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510 Ver p |
Keywords: | Problem Based Learning (PBL), Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, dan Motivasi Belajar. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 08:50 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 08:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33147 |