Matondang, Bakhtiar Rivai (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA MATERI MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK BUDISATRYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166191002 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 8166191002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
3. NIM. 8166191002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4. NIM. 8166191002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
5. NIM. 8166191002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 8166191002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7. NIM. 8166191002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM. 8166191002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 8166191002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 8166191002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 8166191002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Instrumen Penilaian Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) untuk pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMK Budisatrya Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg And Gall. Dengan subjek ahli materi, ahli evaluasi, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMK Budisatrya Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi meliputi kelayakan isi rata-rata memperoleh 88,13% dengan kriteria baik, kelayakan penyajian rata-rata memperoleh 88,54% dengan kriteria baik, dan aspek kebahasaan memperoleh rata-rata 90,28% dengan kriteria sangat baik. (2) validasi ahli evaluasi pilihan ganda yang dinilai aspek materi, konstruksi dan bahasa rata-rata memperoleh 90,00% dengan kriteria sangat baik dan validasi ahli evaluasi uraian yang dinilai aspek materi, konstruksi dan bahasa memperoleh rata-rata 89,58% dengan kriteria baik. Tingkat Kepraktisan instrumen penilaian disimpulkan berdasarkan respon guru dan respon siswa; (3) respon guru memperoleh rata-rata 84,17%. Uji coba siswa terhadap instrumen penilaian berbasis HOTS pada uji perorangan 73,61% dengan kriteria cukup, (4) uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 83,49 dengan kriteria baik. (5) uji coba lapangan terbatas memperoleh rata-rata 90,69% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula hasil uji coba instrumen penilaian berbasis HOTS terhadap siswa memperoleh rata-rata 68 dengan kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMK Budisatrya Medan dengan kualitas yang cukup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.071 2 Mat p |
Keywords: | instrumen penilaian, berpikir tingkat tinggi, menulis puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Mar 2019 08:00 |
Last Modified: | 06 Mar 2019 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33140 |