PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA MATERI MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK BUDISATRYA MEDAN

Matondang, Bakhtiar Rivai (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS PADA MATERI MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK BUDISATRYA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166191002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166191002 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166191002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166191002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166191002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166191002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166191002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166191002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166191002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166191002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166191002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166191002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166191002 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166191002 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166191002 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166191002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166191002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166191002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166191002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166191002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166191002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166191002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Instrumen Penilaian Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) untuk pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMK Budisatrya Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Borg And Gall. Dengan subjek ahli materi, ahli evaluasi, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas X SMK Budisatrya Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Validasi ahli materi meliputi kelayakan isi rata-rata memperoleh 88,13% dengan kriteria baik, kelayakan penyajian rata-rata memperoleh 88,54% dengan kriteria baik, dan aspek kebahasaan memperoleh rata-rata 90,28% dengan kriteria sangat baik. (2) validasi ahli evaluasi pilihan ganda yang dinilai aspek materi, konstruksi dan bahasa rata-rata memperoleh 90,00% dengan kriteria sangat baik dan validasi ahli evaluasi uraian yang dinilai aspek materi, konstruksi dan bahasa memperoleh rata-rata 89,58% dengan kriteria baik. Tingkat Kepraktisan instrumen penilaian disimpulkan berdasarkan respon guru dan respon siswa; (3) respon guru memperoleh rata-rata 84,17%. Uji coba siswa terhadap instrumen penilaian berbasis HOTS pada uji perorangan 73,61% dengan kriteria cukup, (4) uji coba kelompok kecil memperoleh rata-rata 83,49 dengan kriteria baik. (5) uji coba lapangan terbatas memperoleh rata-rata 90,69% dengan kriteria sangat baik. Demikian pula hasil uji coba instrumen penilaian berbasis HOTS terhadap siswa memperoleh rata-rata 68 dengan kategori cukup. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi di SMK Budisatrya Medan dengan kualitas yang cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 410.071 2 Mat p
Keywords: instrumen penilaian, berpikir tingkat tinggi, menulis puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:00
Last Modified: 06 Mar 2019 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33140

Actions (login required)

View Item
View Item