Nuraidah (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PEMBELAJARAN PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA KELAS IVA SD NEGERI NO. 105855 PTPN II TANJUNG MORAWA. Masters thesis, UNIMED.
1-081188830023 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2-081188830023 Abstrak.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
3-081188830023 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4-081188830023 Bab I.pdf - Published Version
Download (948kB) | Preview
5-081188830023 Bab V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6-081188830023 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran IPA yang biasa didominasi guru beserta bentuk evaluasi yang lebih berorientasi pada hasil selama ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk. terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru menjadi pusat dan sumber belajar. Hal ini disebabkan karena pembelajaran selama ini lebih terpusat kepada guru. Model pembelajaran Kooperatif tipe STAD merupakan salah satu alternatif untuk pembelajaran IPA, sehingga diharapkan hasil belajar, kecakapan sosial dan aktivitas siswa meningkat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas VIA SD Negeri No. 105855 PTPN II Tanjung Morawa dengan jumlah siswa 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari tes-tes hasil belajar IPA, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, serta angket kecakapan sosial siswa. Analisis data untuk melihat adanya peningkatan hasil belajar, kecakapan sosial, dan aktivitas siswa diolah dengan menggunakan program Ms. Excel.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini diketahui adanya peningkatan skor rata-rata keenam ranah kognitif hasil belajar IPA dari siklus I ke siklus II yaitu: pengetahuan (C1) meningkat dari 22 menjadi 25; ranah kognitif pemahaman (C2) meningkat dari 19 menjadi 26; ranah kognitif penerapan (C3) meningkat dari 21,5 menjadi 224; ranah kognitif analisa (C4) meningkat dari 19,33 menjadi 22,33; ranah kognitif pengembangan (C5) meningkat dari 19,33 menjadi 23,33; dan ranah kognitif pembuktian (C6) meningkat dari 25,5 menjadi 28.Kecakapan sosial siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan persentase jumlah siswa terhadap kesepuluh indikatornya yaitu: bekerjasama dengan teman yang lain; menunjukkan tanggung jawab sosial; mengendalikan emosi; berinteraksi dengan orang lain; mengelola konflik; toleransi; membudayakan sikap sportif dan disiplin; mendengarkan teman yang lain; berkomunikasi dengan orang lain; dan memimpin. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD sudah seharusnya menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam menyajikan pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.24 Nur p |
Keywords: | Guru; Siswa; Belajar IPA; Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Kecakapan sosial; Tindakan kelas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 23:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3313 |