Siregar, Rahma Yunita (2019) EFEKTIVITAS TEKNIK CERITA PEMULA DISKUSI (DISCUSSION STARTER STORY) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMK PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM.2143111046 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. NIM.2143111046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
3. NIM.2143111046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
4. NIM.2143111046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM.2143111046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM.2143111046 TABLES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. NIM.2143111046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM.2143111046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
9. NIM.2143111046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM.2143111046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
14. NIM.2143111046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
15. NIM.2143111046 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan Teknik Cerita Pemula Diskusi (Discussion Starter Story) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 166 orang. Sampel yang diambil adalah 60 orang dari jumlah kelas yang telah ditentukan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelas, yaitu 30 siswa kelas eksperimen menggunakan Teknik Cerita Pemula Diskusi (Discussion Starter Story) dan 30 siswa kelas kontrol menggunakan Teknik Ekspositori.Hasil penelitian disimpulkan, kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks yang menggunakan Teknik Cerita Pemula Diskusi (Discussion Starter Story) pada siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 adalah baik dengan nilai rata-rata 77,16. Sedangkan, kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks yang menggunakan Teknik Ekspositori pada siswa kelas XI SMK Prayatna 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 adalah cukup dengan nilai rata-rata 64,16. Teknik Cerita Pemula Diskusi (Discussion Starter Story) lebih efektif dalam kemampuan siswa menulis teks eksplanasi kompleks daripada Teknik Ekspositori. Ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel (0,05), yakni 4,94 > 2,01.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 051 |
Keywords: | EFEKTIVITAS, TEKNIK CERITA PEMULA DISKUSI (DISCUSSION STARTER STORY), TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 09:49 |
Last Modified: | 18 Jul 2019 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33032 |