Sinaga, Novena Melinda (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MELALUI PEMEBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142111021 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
2. NIM 4142111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 4142111021 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM 4142111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
6. NIM 4142111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
7. NIM 4142111021 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
8. NIM 4142111021 TABLE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. NIM 4142111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
10. NIM 4142111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
14. NIM 4142111021 BAB V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
15. NIM 4142111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra pada materi Program Linear di kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kualuh Hulu yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah keseluruhan 330 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak dua kelas yaitu kelas XI-IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 sebanyak 34 siswa dan kelas XI-IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 sebanyak 34 siswa. Kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang telah di validasi. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari pupolasi yang berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Dari analisis data pada kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata post-test 86,02 dan simpangan baku post-test 9,51. Pada kelas eksperimen 2 diperoleh nilai rata-rata post-test 79,85 dan simpangan baku post-test 10,26. Dari analisis data post-test dengan menggunakan uji-t pada taraf diperoleh nilai dan , dimana berarti diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra pada materi Program Linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 171 |
Keywords: | model pemebelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan student teams achievement division, pemecahan masalah matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:38 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33008 |