OKTAVIANI, MARGARETHA (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF QUESTIONS STUDENTS HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENEMPURNAAN BAHAN TEKSTIL KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123141016 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 5123141016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (645kB) | Preview
3. NIM. 5123141016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. NIM. 5123141016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 5123141016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 5123141016 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5123141016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5123141016 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 5123141016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10. NIM. 5123141016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (471kB) | Preview
14. NIM. 5123141016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 5123141016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar penyempurnaan bahan tekstil kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection) yang telah dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-1 Tata Busana yang berjumlah 24 orang sedangkan objek dari meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran penyempurnaan bahan tekstil. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes pilihan berganda untuk mengukur kemampuan siswa dalam materi pembelajaran dan lembar pengamatan atau observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi pembelajaran aktif Questions Students Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar penyempurnaan bahan tekstil. Dari hasil belajar tes awal (pre-test), siklus 1, siklus 2 pada kelas X Tata Busana maka dapat dilihat rincian dimulai dari pertama hasil pre-test yaitu siswa tuntas 3 orang 12.5% dan siswa tidak tuntas 21 orang 87.5%. Kedua, hasil siklus I siswa tuntas 13 orang 54.16% dan siswa tidak tuntas 11 orang 45.84%. Ketiga, hasil siklus II siswa tuntas 22 orang 91.67% dan siswa tidak tuntas 2 orang 8.33%. Maka dengan demikian dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Penerapan menggunakan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have (QSH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dari hasil observasi juga memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 54.16% menjadi 91.67% pada siklus II. Persentase klasial pada kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin mengalami peningkatan kompeten dari 54.16% menjadi 91.67%. Dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif Questions Students Have (QSH) dapat meningkatkan persentase klasial pada pelajaran penyempurnaan bahan tekstil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BSN 041 |
Keywords: | Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Strategi Pembelajaran Aktif Questions Students Have (QSH) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 15:33 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 04:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33004 |