Raihan, Muhammad Fadlan (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS VIRTUAL LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA DI MAN KISARAN KELAS XII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143121032 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM 4143121032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM 4143121032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 4143121032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5. NIM 4143121032 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
6. NIM 4143121032 TABLE.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. NIM 4143121032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
8. NIM 4143121032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
9. NIM 4143121032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
13. NIM 4143121032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
14. NIM 4143121032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantu virtual lab pada materi pokok rangkaian arus searah di kelas XII semester I MAN Kisaran tahun pelajaran 2018/2019 (2) mengetahui keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok rangkaian arus searah di kelas XII semester I MAN Kisaran tahun pelajaran 2018/2019 (3) mengetahui adanya pengaruh akibat penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantu virtual lab pada materi pokok rangkaian arus searah di kelas XII semester I MAN Kisaran tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas XII IPA 4 dan kelas XII IPA 1, dimana kelas XII IPA 4 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantu virtual lab dan kelas XII IPA 1 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains berupa tes esai serta instrumen nontes yang berupa observasi keterampilan proses sains. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains fisika yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, serta model pembelajaran inquiry training dapat memberikan efek terhadap keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 189 |
Keywords: | Model Pembelajaran inquiry Training , Virtual Laboratorium, Keterampilan Proses Sains, Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 13:54 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32943 |