Sianturi, Unita Vitta Omas (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBER HEAD TOGETHER) MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF PADA GURU SENI BUDAYA DI SD NEGERI 060886 MEDAN BARU. Masters thesis, UNIMED.
1 Nim 8166132025 Cover .pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2 Nim 8166132025 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3 Nim 8166132025 Abstract.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
4 Nim 8166132025 Ancnowledgement.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5 Nim 8166132025 Table of Content.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6 Nim 8166132025 List of Table.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8 Nim 8166132025 List of Appendices.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7 Nim 8166132025 List of Figure.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9 Nim 8166132025 Chapter I.pdf - Published Version
Download (600kB) | Preview
13 Nim 8166132025 Chapter V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14 Nim 8166132025 References.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru seni budaya dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) melalui supervisi klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif Di SD Negeri 060886 Medan Baru. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni budaya Di SD Negeri 060886 Medan Baru yang berjumlah lima orang. Fokus penelitian adalah penerapan supervisi klinis dengan pendekaan kolaboratif untuk meningkatkan kemampuan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) pada guru seni budaya di SD Negeri 060886 Medan Baru. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen telaah RPP dan lembar observasi kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together). Dengan penelitian yang dilakukan, kemampuan guru-guru seni budaya di SD Negeri 060886 Medan Baru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) meningkat setelah dilakukannya supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together ) adalah 77,27 dengan kategori cukup. Pada siklus II kemampuan guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah 90,91 dengan kategori baik. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru seni budaya dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together ) di SD Negeri 060886 Medan Baru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Sia p |
Keywords: | Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif, Model pembelajaran Kooperatif tipe NHT, Guru seni budaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 10:14 |
Last Modified: | 01 Mar 2019 10:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32927 |