Safina, Nila (2009) PELAKASAAN MANAJEMEN STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA UISU MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1-071188230043_KataPengantar.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
2-071188230043_Abstrak.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3-071188230043_DaftarIsi.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
4-071188230043_Bab_I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
5-071188230043_Bab_V.pdf - Published Version
Download (757kB)
6-071188230043_DaftarPustaka.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Mutu pendidikan adalah penilaian atau standar yang dapat dirumuskan melalui hash belajar mata pelajaran yang dapat diukur secara kuantitatif dan pengamatan yang bersifat kualitatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan dan sekaligus pelaksanaan manajemen strateginya di SMA UISU Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara/interview, dan studi dolcumentasi.Sumber data yang merupakan informasi kunci dalam penelitian adalah kepala sekolah, kemudian didukung oleh informasi-informasi tambahan yang berkembang sesuai dengan kebutuhan penelitian.Teknik pengolahan data terdiri dari dari beberapa tahap, tahap pertama, data yang telah dikumpulkan kemudian diidentifikasi dan diklasifikasi, lalu dianalisis dan diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi, selanjutnya masing-masing temuan dari hasil analisis tersebut dikaitkan satu sama lain untuk membangun suatu rangkaian logis dan memformulasikan temuan pada aspek menejemen strategis yang diterapkan di SMA UISU Medan.Berdasarkan basil penelitian dan pembahasan maka ditemukan beberapa hal; pertama, upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMA UISU Medan adalah dengan merumuskan manajemen strategi melalui penyusunan program-program berikut: School review, Banch marking,Quality assurance, dan Quality control. Kedua, pelaksanaan manajemen strategi kepala sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di SMA UISU Medan, sangat tergantung kepada:(I) Organisasi lembaga pendidikan, (2) Perumusan, visi, misi, tujuan dan target sekolah, (3) Menentukan strategi organisasi, (4) lmplementasi strategi organisasi sekolah dan, (5)Melakukan analisis SWOT.Berdasarkan data yang ditemukan, penulis menyarankan : pertama, dalam kegiatan peningkatan mutu pendidikan, seharusnya seluruh program peningkatan mutu yang telah dirumuskan harus memiliki strategi untuk melaksanakan program tersebut, sehingga tidak ada program yang tidak dilaksanakan, dengan alasan tidak tahu bagaimana cars melaksanakannya, kedua seharusnya seluruh personil sekolah yang terlibat dalam peningkatan mutu pendidikan sekolah, harus diberikan informasi dan diberitahu strategi yang dilakukan dalam peningkatan mutu pendidikan, ketiga, perlu dibentuk tim penilai yang melibatkan pihak organisasi sekolah, untuk menilai program-program yang telah dirumuskan ,dan hasil penilaian kinerja hams dikomunikasikan terhadap seluruh personil sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 068 Saf p |
Keywords: | Sekolah; Manajemen sekolah; Organisasi; Lembaga pendidikan; Visi sekolah; Misi sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2016 18:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3292 |