PINEM, APRINAWATI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141141005 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 7141141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
3. NIM. 7141141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
4. NIM. 7141141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 7141141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 7141141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7141141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7141141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 7141141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
13. NIM. 7141141005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 7141141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X SMK Swasta Jambi Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan NHT. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Jambi Medan yang berjumlah 70 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling yaitu teknik pengambilan sampel diambil seluruh dari populasi dimana kelas X AP 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X AP 2 sebagai kelas eksperimen 2 dan masing-masing berjumlah 35 orang. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana soal pada tes penelitian ini tidak di uji lagi untuk uji validitas dan uji reliabilitas soal karena tes yang digunakan diambil dari buku SMK sehingga sudah di anggap valid dan reliabel. Teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan dengan model pembelajaran STAD dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran NHT. Hasil penelitian untuk kelas eksperimen 1, nilai rata-rata post-test sebesar 79,14 dan kelas eksperimen 2, nilai post-test sebesar 74. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,649 > 1,672 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi bisnis yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi bisnis yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT pada siswa kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019 dengan pokok pembahasan kelangkaan dan masalah pokok ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 EKO 010 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Stad, Model Pembelajaran Nht |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 11:44 |
Last Modified: | 01 Apr 2019 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32841 |