MORA, EVITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143111023 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2143111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
3. NIM 2143111023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4. NIM 2143111023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 2143111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 2143111023 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2143111023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 2143111023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
12. NIM 2143111023 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
13. NIM 2143111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 15. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Medan pada kelas VII tahun pembelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan one group post test design. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 30 siswa kelas eskperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan menulis teks cerita fantasi. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa menulis teks cerita fantasi sebelum menggunakan model pembelajaran sinektik menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 yang diperoleh dari 30 sampel, yang memiliki nilai rata-rata 66, 16 termasuk pada kategori cukup, sedangkan sesudah mengunakan model pembelajaran sinektik menunjukkan hasil dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 70, yang memiliki nilai rata-rata 83,3 termasuk pada kategori baik. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Hasil ini dilihat dari uji hipotesis thitung > ttabel (7,94 >2,01) dengan demikian ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sinektik mempengaruhi kemampuan menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 019 |
Keywords: | Sinektik, Menulis, Cerita Fantasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 11:29 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/32832 |